Konservasi Sperma Kambing Gembrong Cegah Kepunahan

Konservasi Sperma Kambing Gembrong Cegah Kepunahan

YOGYAKARTA, (PRLM).- Kambing gembrong merupakan spesies unik yang basisnya di Karangasem, Bali, semakin merosot jumlah populasinya. Konservasi sperma kambing ini diharapkan bisa menyelamatkan hewan tersebut dari kepunahan.

Kambing ini memiliki rambut tebal dan panjangnya bisa 30 cm, yang dominan di bagian muka. Maka kepala dan wajah kambing ini tertutup rambutnya.

Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali Suprio Guntoro mencatat populasi kambing gembrong di Bali per 2010 diperkirakan hanya delapan ekor. Populasinya terus merosot sejak 1970 yang mencapi 250 ekor, menurun menjadi 200 ekor (1980), menyusut menjadi 120 ekor (1999), 54 ekor (2003).

“Sekarang (2013), kambing gembrong yang dipelihara warga Bali hanya sekitar enam atau tujuh ekor,” kata dia, Selasa (12/11/2013).

Kambing gembrong menurun populasinya akibat kawin silang dengan jenis lainnya, terutama kambing kacang dan PE. Produk kawin silang lebih banyak menghilangkan identitas asli kambing gembrong.

Kemudian kesalahan dalam penangkaran. Warga Bali meyakini, kambing gembrong yang berbulu lebat harus dicukur bersih sebelum dikawinkan dengan alasan bulu akan rontok. Yang terjadi sebaliknya, usai kambing digunduli justru tidak birahi. Kepunahan juga didorong oleh masalah ekonomi pemilik yang menjual atau mengonsumsi kambing tersebut.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Ali Agus menyatakan konservasi sperma beku kambing gembrong menjadi alternatif untuk meningkatkan populasi hewan ini. Sperma tersebut akan dikawinkan melalui proses inseminasi buatan dan diklaim keberhasilannya relatif tinggi.

Program konservasi sperma kambing gembrong telah dilaksanakan sejak 2012, melibatkan para pakar dari Universitas Airlangga dan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Kementerian Pertanian dan Fakultas Peternakan UGM. Saat ini terdapat 500 straw sperma beku kambing gembrong. (A-84/a-88)***

Sumber: Pikiran Rakyat Online

http://www.pikiran-rakyat.com/node/258289