Kopi Luwak Probiotik

Kopi Luwak Probiotik

Kopi merupakan bahan minuman yang penting dan banyak diminati masyarakat di seluruh dunia. Indonesia adalah produsen kopi ke-4 di dunia dengan luas perkebunan yaitu 3,1 juta ha. Dari luas tersebut, terdapat 85% jenis kopi robusta dan 15% kopi arabika. Untuk meningkatkan daya saing kopi Indonesia di pasaran dunia, selain meningkatkan luas areal kopi, juga perlu dilakukan peningkatan mutu kopi, dengan cara menghasilkan kopi organik dan kopi spesialti, seperti kopi luwak.

Kopi luwak merupakan produk kopi yang dihasilkan dari faeces binatang luwak (Paradoxurus hermaphrodirus), setelah binatang tersebut mengkonsumsi buah kopi matang. Kopi luwak memiliki cita rasa yang spesifik dan istimewa, karena buah yang dikonsumsi adalah buah matang yang benar-benar terseleksi melalui penciuman aroma yang tajam, serta melalui proses fermentasi dalam saluran pencernaan binatang luwak sebelum dikeluarkan dalam bentuk biji.

Kopi luwak probiotik menawarkan cita rasa yang mirip dengan kopi luwak yang dihasilkan dari faeces luwak. Perbedaannya, kopi ini diproduksi melalui proses fermentasi dengan mikroba probiotik yang terdapat pada saluran pencernaan binatang luwak. Kopi probiotik luwak ini memiliki keunggulan yaitu biaya produksi jelas lebih murah dibandingkan dengan penggunaan binatang luwak hidup. Selain itu, mudah diproduksi sesuai kebutuhan dengan cita rasa yang bervariasi sesuai dengan jenis luwak dan jenis kopi (baik arabika maupun robusta). Cita rasa dari kopi ini mendekati kopi luwak alam, dimana terdapat aroma spesifik dengan rasa kecut dan manis yang khas. Kulit kopi yang biasanya “dibuang”, bisa diolah dengan proses fermentasi untuk dimanfaatkan menjadi bahan minuman. Kopi ini juga ramah lingkungan karena kopi ini tidak dihasilkan dari luwak yang diperlihara (captive). Untuk sebagian orang yang merasa ”jijik” karena kopi luwak dihasilkan dari faeces, kopi ini bisa menjadi solusi.

Dari analisa laboratorium yang pernah dilakukan, adanya proses fermentasi dengan mikroba probiotik luwak, baik di dalam perut maupun di luar perut luwak akan terjadi pembentukan beberapa  asam organik yang amat bermanfaat bagi tubuh. Diantara asam organik yang terbentuk tersebut adalah asam butirat dan asam laktat. Asam butirat mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh kita, antara lain dapat menekan stres, mencegah kanker usus, dan menekan terjadinya peradangan pada saluran pencernaan. Sedangkan asam laktat amat bermanfaat membantu berbagai proses pencernaan.

Dalam aplikasinya, teknologi produksi kopi luwak probiotik bisa diterapkan dalam skala besar baik pada jenis kopi arabika maupun robusta. Dengan demikian, teknologi ini dapat melibatkan berbagai pihak, baik petani sebagai penyedia bahan baku yang bermutu, pihak swasta/ koperasi sebagai pengolah, serta para pengusaha yang bergerak dibidang pemasaran.

Kontak untuk pemesanan/kerjasama:

Email:

guntoro_s@yahoo.com

guntoro_bio@yahoo.com

HP./Telp.:

+628123812319

(+62361) 723013