Penggunaan Probiotik (BIO-B) untuk Unggas Pedaging

Penggunaan Probiotik (BIO-B) untuk Unggas Pedaging

Disamping masalah  wabah flu burung, para peternak unggas akhir-akhir ini dihadapkan dengan masalah peningkatan harga pakan. Meningkatnya harga pakan yang cukup tinggi ini disebabkan oleh kenaikan beberapa komponen bahan baku pakan, terutama jagung sebagai penyusun utama ransum unggas  dan babi  yang selama ini sebagian masih diimport. Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain dengan menggunakan ransum alternatif, dengan bahan yang lebih murah serta meningkatkan produktivitas dan atau menekan konsumsi pakan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas atau meningkatkan efisiensi penggunaan pakan adalah dengan aplikasi penggunaan probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme yang hidup dalam makanan suplemen yang memiliki efek menguntungkan dalam tubuh dengan meningkatkan keseimbangan mikro organisme dalam saluran pencernaan.

Pada saat kini telah dikembangkan beberapa jenis probiotik ternak, terutama yang lebih banyak untuk ternak ruminansia, sedangkan probiotik untuk unggas jumlahnya masih lebih terbatas. Pihak BPTP-Bali pada tahun 2010 telah menemukan probiotik untuk unggas, baik untuk unggas pedaging maupun petelur.

Dengan ditemukannya probiotik untuk unggas (ayam), diharapkan akan dapat membantu para petani guna meningkatkan keuntungan usahanya.  Penggunaan probiotik ini akan dapat meningkatkan produktivitas, menekan angka kematian, terutama pada fase starter, menekan konsumsi pakan serta mengurangi bau kotoran.

MANFAAT

Pemberian probiotik pada ternak unggas pedaging dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

–          Untuk mempercepat pertumbuhan

–          Dapat menekan angka kematian

–          Menghemat penggunaan pakan

–          Mengurangi bau kotoran

TEKNIK PEMBERIAN

               Probiotik unggas yang diproduksi BPTP-Bali untuk ayam pedaging disebut Bio-B. Probiotik ini berbentuk cair, yang didalamnya mengandung beberapa jenis mikroba yang diisolasi dari intestinum ayam pedaging terseleksi, antara lain Lactobacillus serta ditambah dnegan beberapa zat perangsang tumbuh dari bahan alami (organik).

 Cara Pemberian

Agar efektif dan efisien, probiotik ini diberikan melalui air minum. Dengan berbentuk cairan, probiotik akan mudah dilarutkan dalam air.

Dosis

  • Untuk ayam pedaging, Bio-B diberikan dengan dosis: 1 cc/ liter air minum.
  • Dosis yang lebih tinggi justru kurang efektif meski tidak membahayakan

Waktu Pemberian

  • Pemberian dilakukan sejak DOC (Day Old Chick) dan diberikan setiap hari hingga ayam siap  panen.
  • Usahakan pemberian lewat air minum, dan diberikan pagi hari, sehingga tidak ada probiotik yang tersisa pada sore hari.

HASIL PENELITIAN

Penggunaan probiotik (Bio-B) pada ayam pedaging pada dosis 1 cc/liter air minum dapat memberi peningkatan pertumbuhan. Pada umur 6 minggu, ayam yang mendapat probiotik rata-rata berat badannya lebih tinggi 100 – 120 gram dibanding dengan ayam yang tanpa diberi probiotik.   Disamping itu  penggunaan probiotik Bio-B, juga menyebabkan penghematan konsumsi pakan.   Selama 6 minggu, rata-rata setiap ekor dapat menghemat pakan 180-200 gram, hal ini menyebabkan FCR (feed convertion ratio) menurun secara nyata.

Hasil pemotongan menunjukkan bahwa produksi karkas pada ayam yang memperoleh probiotik (Bio-B) meningkat dari 67,46% (kontrol) menjadi 68,34%. Disamping itu, hasil ”proximate analysis” menunjukkan bahwa, pada ayam perlakuan  kandungan protein dagingnya meningkat dari rata-rata 23,08% menjadi 26,76%, sebaliknya, kandungan lemak menurun dari 10,32% (kontrol) menjadi 3,96%.  Penggunaan Bio-B pada ayam pedaging juga dapat meningkatkan keuntungan rata-rata sekitar 21,86%

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Untuk mengaplikasikan probiotik Bio-B ada beberapa hal yang patut diperhatikan, antara lain:

–          Tempat penyimpanan harus teduh (jangan kena sinar matahari langsung)

–          Ruangan kering dan tidak lembab.

–          Kocok dahulu sebelum dipakai.

–          Segera ditutup bila masih ada probiotik yang tersisa dalam wadah.

–          Masa penyimpanan maksimal 3 (tiga) bulan

–          Jaga kebersihan tempat air minum dan selalu gunakan air minum yang bersih.

 

Untuk pemesanan:

Telp.: (+62361) 723013

Hp.: +628123812319

Email: suprioguntoro@ymail.com/guntoro_bio@yahoo.com